BIAS SDIT Insan Utama dengan Prokes Ketat

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), merupakan program pemerintah yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. BIAS bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD dari penyakit campak, dan difteri tetanus. Sasaran imunisasi ini adalah anak usia 5-7 tahun (kelas 1 SD) yang mendapatkan imunisasi Measles (campak) dan Rubella (MR); serta anak usia > 10 tahun (kelas 5 SD) yang mendapatkan imunisasi Difteri dan Tetanus (DT).

SDIT Insan Utama telah sukses dalam melaksanakan Program BIAS dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat pada Hari Jumat, (29/20/2021). Petugas yang melakukan imunisasi adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas Kasihan 1. Mereka melaksanakan imunisasi campak, dan difteri tetanus serta melakukan pemeriksaan telinga, gigi juga mulut kepada para peserta didik kelas 1 dan 5 SDIT Insan Utama Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh kelas 1 sebanyak 84 peserta didik , dan kelas 5 sebanyak 79 peseta didik.

Dari hasil pelaksanaan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksankan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kasihan 1, tidak ditemukan permasalahan serius berkaitan dengan kondisi kesehatan peserta didik baik kelas 1 maupun kelas 5. Hanya beberapa siswa yang disarankan agar lebih intens dalam membersihkan telinga dan gigi.

Sinergi yang baik antara panitia pelaksana dari SDIT Insan Utama yang diketuai oleh Ustadz Nanang dengan tim petugas kesehatan dari Puskesmas Kasihan 1, membuat pelaksanaan imunisasi dapat berjalan lancar dan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dimana sejak pertama memasuki area sekolah, anak-anak diwajibkan untuk mencuci tangan, kemudian cek suhu, dan duduk di kursi yang telah disiapkan oleh panitia dengan menjaga jarak aman. Anak-anak masuk ke dalam ruangan imunisasi satu persatu sesuai nama yang dipanggil oleh panitia.

Ustadzah Sulastri, S.Ag, selaku kepala sekolah SDIT Insan Utama sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebagaimana yang diharapkan, kegiatan imunisasi dapat berjalan dengan lancar dengan protokol kesehatan yang ketat serta antusiasme peserta didik maupun orang tua dalam mengikuti kegiatan BIAS ini. Beliau berharap dengan terlaksananya program ini, peserta didik SDIT Insan Utama akan menjadi anak-anak yang sehat jasmani maupun rohani. Menjadi generasi penerus bangsa yang Unggul Taqwa Mandiri, juga Berprestasi dan Qurani. *)

 

Penulis : Tri Subekti, S.Pd.I

Editor: Ahmad Mabruri Wihaskoro, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Terkait

Pengumuman IUMB 2021

🎊🎊🎊🎊🎊🎊🎊 Assalamaualaikum Wr. Wb. Hai, Sholih-Sholiha dan Ayah Bunda semua… Salam semangat…!!! dari kami SDIT Insan utama. Insan Utama… Unggul-unggul..!!! Taqwa..!!! Mandiri..!!! الله اكبر Alhamdulillah…

Address List

SDIT
Insan Utama.

Membentuk Generasi Unggul TAqwa MAndiri.